03 April 2009

Alhamdulillah, halal..

Good news nih buat yang hobi makan di Hoka Hoka Bento, sekarang udah ngga perlu takut lagisoalnya sekarang Hoka Hoka Bento udah halal. Berdasarkan keterangan di situs resminya www.hokahokabento.co.id pada tanggal 24 September 2008 Komisi Fatwa MUI sudah mengeluarkan sertifikat HALAL untuk Hoka Hoka Bento dengan nomor 00160048830908. Setelah melalui proses audit yang merupakan prosedur standar MUI, sertifikat ini telah diserah-terimakan ke pihak Hoka Hoka Bento pada tanggal 17 Oktober 2008. Sertifikat HALAL yang diterbitkan oleh LPPOM MUI Pusat berlaku untuk seluruh restoran Hoka Hoka Bento. Proses sertifikasi halal meliputi keseluruhan prosesnya mulai dari pemasok, pengangkutan dari pemasok ke logistik atau restoran, pengangkutan dari logistik ke restoran semuanya di sertifikasi HALAL. Dari yang saya ketahui masih banyak restoran lain yang belum punya sertifikat halal karena memang proses untuk mendapatkan sertifikat halal tidaklah mudah jadi hati-hati yah waktu pilih-pilih makanan. Halal ngga hanya dari bahan baku masakannya tapi meliputi seluruh proses mengolah bahan mentah menjadi masakan. Misalnya, sapi atau ayam harus dipotong sesuai dengan syariat Islam, saat dimasak peralatan yang digunakan untuk memasak juga perlu diperhatikan loh. Peralatan memasak yang dipakai bergantian untuk memasak makanan yang halal dan tidak halal juga mempengaruhi kehalalan makanan.

Masih soal halal, sekarang ini saya suka banget nonton acara Rahasia Sunnah yang tayang di Trans 7 tiap kamis ma jumat jam 17.30. Dari acara ini saya mendapatkan banyak pengetahuan yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya, karena meskipun saya sudah 4 tahun berjilbab masih banyak yang belum saya tau. Beberapa minggu lalu, dari acara itu juga saya baru tau sebabnya babi diharamkan. Tadinya saya pikir babi diharamkan karena babi itu binatang yang jorok, ternyata bukan itu sebabnya. Ternyata susunan kromosom dalam babi itu sama dengan susunan kromosom manusia sehingga kalau kita memakan babi itu berarti suatu tindakan kanibalisme. ^_^

Tidak ada komentar: